Senin, 21 November 2011

Tingkatan sel

* Sel individu adalah satuan struktur dari semua makhluk hidup. Seluruh organisme dapat terdiri dari satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiselular).

* Dalam manusia dan organisme multiseluler lain, sel-sel cenderung disusun dengan cara tertentu. Sekelompok sel-sel seperti melakukan fungsi tertentu disebut sebagai tisu. Organ adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari beberapa jaringan yang berbeda bersama-sama. Sistem organ adalah sekelompok organ bersama-sama melakukan fungsi secara keseluruhan. (Sebuah contoh dari sistem organ sistem pencernaan.) Individu organisme adalah kombinasi dari semua hal ini dan sebagai suatu entitas yang terpisah.

* Walaupun semua materi hidup terdiri dari sel-sel, sel-sel hewan dan sel tumbuhan sangat berbeda dari satu sama lain. Tidak hanya sel-sel tumbuhan mengandung klorofil, pewarna hijau masalah; sel tumbuhan juga memiliki dinding sel di sekitar mereka yang terdiri dari karbohidrat yang sangat kompleks yang dikenal sebagai selulosa. Baik klorofil maupun dinding sel hadir dalam kaitannya dengan sel-sel hewan.

Komponen Sel

Sebuah “khas” sel hewan diilustrasikan pada Gambar :

Membran sel.

Sebagai batas terluar, sel hewan memiliki struktur khusus yang disebut sel atau membran plasma. Semua zat yang masuk atau meninggalkan sel harus dengan cara tertentu melewati membran ini.

Membran sel sering juga disebut membran plasma. Membran sel merupakan bagian paling luar yang membatasi isi sel dengan sekitarnya (kecuali pada sel tumbuhan, bagian luarnya masih terdapat dinding sel atau cell wall).

Membran sel berupa lapisan luar biasa tipisnya. Tebalnya kira-kira 8 nm. Dibutuhkan 8000 membran sel untuk menyamai tebal kertas yang biasa kita pakai untuk menulis.

Lipid dan protein merupakan bahan penyusun utama dari membran, meskipun karbohidrat juga merupakan unsur penting. Gabungan lipid dan protein dinamakan lipoprotein. Saat ini model yang dapat diterima untuk penyusunan molekul-molekultersebut dalam membran ialah model mosaik fluida.

Pada 1895, Charles Overton mempostuatkan bahwa membran terbuat dari lipid, berdasarkan pengamatannya bahwa zat yang larut dalam lipid memasuki sel jauh lebih cepat dari pada zat yang tidak larut dalam lipid. 20 tahun kemudian, membran yang diisolasi dari sel darah merah dianalisis secara kimiawi ternyata tersusun atas lipid dan protein, yang sekaligus membenarkan postulat dari Overton.

Fosfolipid merupakan lipid yang jumlahnya paling melimpah dalam sebagian besar membran. Kemampuan fosfolipid untuk membentuk membran disebabkan oleh struktur molekularnya. Fosfolipid merupakan suatu molekul amfipatik, yang berarti bahwa molekul ini memiliki daerah hidrofilik (menykai air) maupun daerah hidrofobik (takut dengan air).

Berdasar struktur tersebut maka membran sel bersifat semi permeable atau selektif permeable yang berfungsi mengatur masuk dan keluarnya zat dari sel.

Protoplasma.

Substansi utama dari sel disebut protoplasma. Ini adalah kombinasi air dan berbagai bahan terlarut dalam air. Di luar inti sel (lihat di bawah), protoplasma disebut sitoplasma. Di dalam inti sel, protoplasma disebut nucleoplasm.

Organel. Dalam sitoplasma, struktur tertentu disebut organel. Mencakup struktur organel seperti retikulum endoplasma, ribosom, berbagai jenis vakuola, Golgi aparatus, mitokondria, dan sentriol.

(1) retikulum endoplasma menyerupai sistem sirkulasi sel individu. Ini adalah sebuah jaringan terdiri dari unit (single-ketebalan) membran.

(2) ribosom adalah partikel rinci berkaitan dengan sintesis protein. Mereka dapat ditemukan bebas, berkumpul, atau melekat pada retikulum endoplasma.

(3) ruang kecil vakuola atau rongga dalam sitoplasma. Melayani fungsi ini pada tingkat sel seperti pencernaan, pernapasan, ekskresi, dan penyimpanan.

(4) The Golgi kompleks adalah bagian dari retikulum endoplasma yang membantu dalam persiapan akhir protein tertentu dan lendir-seperti zat dan dalam gerakan zat ini. Cara terbaik adalah berkembang dalam sel sekretorik.

(5) mitokondria adalah “powerhouses” dari sel. Mereka “mengisi ulang” molekul ADP membentuk molekul ATP.

(6) Ada biasanya dua sentriol. Organel ini memainkan peran penting dalam pembelahan sel.

Inti. Dalam inti sel. Struktur ini memiliki membran nuklir memisahkannya dari sitoplasma. Dalam inti adalah bahan kromatin, terdiri dari protein asam deoksiribonukleat (DNA). Pada saat pembelahan sel, kromatin ini adalah kumpulan materi ke dalam struktur individu yang dikenal sebagai kromosom. Setiap kromosom memiliki seperangkat gen tertentu, yang menentukan semua karakteristik fisik dan kimia tubuh, yang mewakili struktur dan fungsi.

Energi

a. Kami disebutkan dalam pelajaran 1 bahwa tubuh manusia bergantung pada sumber-sumber eksternal untuk energi. Tanaman menggunakan radiasi matahari untuk membuat glukosa dan nutrisi lainnya. Tubuh manusia membutuhkan glukosa dan nutrisi lainnya secara langsung atau tidak langsung dari tanaman. Tubuh menerima oksigen dari udara. Energi yang pernah diturunkan oleh tanaman dari radiasi matahari dilepaskan di dalam sel manusia oleh proses oksidasi metabolisme. Ini melibatkan kombinasi glukosa dan nutrisi lainnya dengan oksigen, melepaskan energi yang tersimpan.

b. Mitokondria dari sel menggunakan energi dilepaskan untuk membentuk molekul ATP dari ADP molekul. Adenosin difosfat akan diubah menjadi ATP dengan penambahan sebuah “bagian dari molekul” yang disebut fosfat radikal. Pengikatan fosfat radikal ini memerlukan jumlah energi yang besar, yang dapat dilepaskan kemudian ketika radikal fosfat dipisahkan off. Adenosin trifosfat menyediakan energi bagi proses seluler seperti transpor aktif zat melintasi membran, sintesis senyawa kimia untuk tubuh, dan kerja mekanik (seperti kontraksi otot). Ketika sebuah Adenosin trifosfat molekul memberikan energi untuk proses seperti itu, kehilangan sebuah fosfat radikal dan menjadi ADP. Lalu, siklus dimulai lagi ketika ADP diubah menjadi ATP dalam mitokondria.

c. Sel-sel tertentu, seperti sel-sel otot dan sel saraf, memerlukan sejumlah besar energi. Sel-sel seperti berkembang dengan baik mitokondria.

Sumber :  http://grandmall10.wordpress.com/2010/03/21/sel-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar